Kebakaran…!!!

senin 4 April 2011 pukul 03.30 pagi aku dan sepupuku bangun. yah memang tidak seperti biasanya, terlalu pagi aku bangun. sebab malam tadi sepupuku menginap di kosku. memang seharusnya dia langsung pulang ke pangkalan brandan, namun karena demam, sepupuku memutuskan untuk menginap dan akan melanjutkan perjalanannya esok pagi kira kira pukul 03.00 pagi.

malam tadi memang  udara agak lembab, sesekali turun hujan gerimis. memang udara seperti itu membuat kondisi badan tidak fit. pukul 22 malam aku sudah bergegas tidur.  pagi itu terdengan suara lolongan anjing. tak seperti biasa kudengar suaranya. sepupuku sudah bersiap siap untuk melanjutkan perjalannya. kulihat badannya sudah mulai membaik dan demamnya pun sudah mulai turun. kami bergegas untuk mengambil motor di depan rumah. tapi kami terkejut melihat api menyala sangat besar di dalam sebuah kedai di depan kosku

serempak kami berteriak, kebakaran… kebakaran… kebakaran. entah beberapakali kami berteriak baru semua tetangga berlalri keluar rumah. tapi ada yang sedikit lucu (menurutku), saat kami berteriak kebakaran kok malah tetangga keluar dengan membawa pentungan, gagang sapu atau benda benda yang berguna untuk memukul…
behh….”kebakaran….!!!” sekali lagi aku berteriak keras untuk meyakinkan kalau yang terjadi bukan kemalingan melainkan kebakaran.

sontak mereka terdiam.., “Airrr air…. airrrrr”  aku berteriak lagi.. , hmmm baru mereka kembali mengambil air di rumah masig masing untuk memadamkan api.pagi itu begitu riuh.. semua berlarian keluar. ada yang hanya teriak.. teriak ada yang cuma berdiri dan ada yang kebingungan gak tau mau ngapain.. yah mungkin kata pendeknya “panik”

setengah jam kemudian api berhasil dipadamkan. aku mengucapkan syukur…, hampir saja semua rumah terbakar. tapi kasihan kedai itu.. nampaknya barang barangnya banyak yang ludes terbakar.

hemm hikmah hari ini,

  1. tolong menolong itu penting, saling membantu akan mempercepat pekerjaan. berbuat baik pada tetangga itu perlu dan butuh karena tetangga yang terlebih dahulu membatu jika ada sesuatu hal.
  2. musibah bisa datang kapan saja, dimana saja dan dengan cara apa saja. yang terpenting adalah bagaimana kita menghadapinya.
  3. walau belum dipastikan penyebabnya apa tapi paling tidak kita berhati hati dengan yang namanya api, seperti lilin, anti
    nyamuk atau malah arus listrik

oh iya aku sampe lupa.. karena sibuknya madamin api rupanya sepupuku sudah berangkat dari tadi dengan mengendarai motornya. saata aku sudah ke kamar dan mengganti pakaianku aku baru teringat dan langsung menghubunginya, ternyata dia sudah sampai walaupun masih kedinginan.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s