Hati yang terbolak-balik

Pening ya kalau baca judulnya.. kira kira apa ya yang akan kita bicarain hari ini. hmm berhubung masih bulan Ramadhan, ada baiknya kita saling nasihat menasihati dengan ilmu yang bermanfaat. saya teringat dengan salah satu hadits rasul yang diriwayatkan Oleh Ahmad dan Ibnu Abu Syaibah yang kira-kira begini haditsnya

Aisyah RA berkata ““Nabi SAW sering berdoa dengan mengatakan, ‘Wahai Tuhan yang membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku untuk selalu taat kepada-Mu.’ Aku pernah bertanya, ‘Ya Rasulullah, kenapa Anda sering berdoa dengan menggunakan doa seperti itu? Apakah Anda sedang marasa ketakutan?’ Beliau menjawab, ‘Tidak ada yang membuatku merasa aman, hai Aisyah. Hati seluruh hamba ini berada di antara dua jari Allah Yang Maha Memaksa. Jika mau membalikkan hati seorang hamba-Nya, Allah tinggal membalikkannya begitu saja’”

Apasih kira-kira makna dari membolak-balikkan hati manusia?, pernah gak merasa hari ini menjadi orang yang paling sedih.. besok sudah menjadi orang yang paling bahagia, atau sebaliknya hari ini merasa bahagia besok menjadi orang yang paling sedih. Hari ini berteman begitu dekat besok menjadi musuh yang paling berat. hari ini kita menjadi orang yang dicintai besok menjadi orang yang dibenci, Itulah pembolak-balikan hati manusia yang sangat mudah bagi Allah. Kenapa Allah membolak-balikkan hati manusia..?  karena Dia mau melihat mana hambanya yang bisa semakin dekat dengannya dengan perasaan yang berbeda-beda itu.  Terkadang saat kita bahagia kita kurang bersyukur makanya Allah buat kita bersedih agar kita berdoa dan dekat dengannya, terkadang karena terlalu cinta pada seseorang atau sesuatu kita lupa untuk mencintai Allah yang sebenarnya Maha Cinta karena itu dia buat kita dibenci agar kita sadar maknanya cinta.

Itulah yang diminta Rasulullah Muhammad SAW dalam do’anya agar diteguhkan hati saat hati itu terbolak-balik. karena disadari atau tidak seiring berputarnya waktu semua akan berubah. hari berganti, waktupun berlalu. bahagia hari ini takkan menjamin bahagia esok hari, bersedih hari ini bukan berarti bersedih esok hari, karena manusia kuncinya di hati. kemanakah hati itu akan kita serahkan sebagai “Penguasa Hati”? apakah pada manusia atau pada Yang Maha Kuasa. Jika hati telah kita kuasai sesuai tuntunan ilahi maka walaupun hari ini bersedih, air mata akan menjadi permata, tangisan akan menjadi lukisan yang akan indah dipandang mata dan bahagia dilubuk hati. Jikapun bergembira hari ini, gembira akan dibagi sebagai bentuk kesyukuran dan akan siap menerima kesedihan, karena gembira akan berganti.

Buat sahabatku yang bersedih hari ini bersabarlah karena gembira telah menantimu, dan yang sedang berbagia hari ini bersyukurlah dan sadarlah kesedihan akan datang jua, sebagai pertanda kasih sayang Tuhan pada hambanya agar selalu dekat dengannya walau di dalam keadaan yang berbeda.

“Duhan Tuhan yang karena-Mu aku hidup dan karenamu Aku merasakan kehidupan, berikanlah keberkahan dalam hidupku agar aku bermanfaat bagi kehidupan, Duhai Tuhan Yang Maha Cinta jadikanlah cinta-Mu bertahta dikalbuku agar cintaku sesuai syari’at-Mu, Duhai Tuhan Yang membolak-balikan hati manusia jadikanlah hatiku teguh kepada-Mu dan berikanlah kesabaran dan Kesyukuran agar Aku selalu di jalan-Mu”

–Ade Iskandar–

 

 

 

4 thoughts on “Hati yang terbolak-balik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s